Selasa, 20 November 2012

D3 Manajemen Pemasaran Universitas Airlangga

VISI, MISI, DAN TUJUAN UTAMA PENDIDIKAN

Visi Program Studi D3 Manajemen Pemasaran

Menjadi pusat pendidikan Diploma Tiga bidang Manajemen Pemasaran yang terkemuka di Asia Tenggara melalui kegiatan pendidikan vokasi di bidang pemasaran dengan selalu mengedepankan moral, etika, dan agama.

Misi Program Studi D3 Manajemen Pemasaran

Melaksanakan kegiatan pendidikan vokasi dibidang manajemen pemasaran yang mampu menghasilkan kualitas lulusan yang siap berkarya sesuai dengan harapan dan perkembangan bisnis di bidang pemasaran, serta mempunyai jiwa kewirausahaan.

Tujuan Utama Pendidikan di Program Studi D3 Manajemen Pemasaran

Menghasilkan supervisor handal di bidang pemasaran yang memiliki jiwa kewirausahaan dan menguasai informasi pemasaran berbasis teknologi dengan memberikan kepada mahasiswa:
  • Memberikan mahasiswa Pengetahuan dan pemahaman tentang prinsip, konsep, terminologi dan tujuan serta praktek manajemen terutama manajemen pemasaran dalam organisasi bisnis.
  • Memberikan mahasiswa Kemampuan melakukan supervisi aktivitas-aktivitas pemasaran
  • Memberikan mahasiswa Kemampuan mengaplikasikan konsep-konsep dasar pemasaran dalam bisnis
  • Memberikan mahasiswa Kemampuan mengidentifikasi perilaku pasar baik pasar bisnis maupun pasar konsumen.
  • Memberikan mahasiswa Kemampuan melakukan riset pasar
  • Memberikan mahasiswa Kemampuan mengaplikasikan teknik-teknik menjual dan bernegosiasi.
  • Memberikan mahasiswa Kemampuan menciptakan ide kreatif dalam bisnis

KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI D3 MANAJEMEN PEMASARAN

Lulusan Program Studi D3 Manajemen Pemasaran diharapkan mampu melakukan supervisi aktivitas-aktivitas pemasaran dan memiliki jiwa kewirausahaan serta menguasai informasi pemasaran berbasis teknologi. Pendidikan di Program Studi D3 Manajemen Pemasaran memberikan kesempatan bagi para siswa untuk dapat memperoleh dan menunjukkan outcomes pembelajaran sebagai berikut:

Pengetahuan dan Pemahaman tentang:

  • Lingkungan tugas organisasi (stakeholders) beserta harapan-harapannya.
  • Berbagai faktor lingkungan eksternal organisasi, seperti : ekonomi, etika, hukum, politik, sosial dan teknologi; serta pengaruhnya terhadap strategi, perilaku, dan manajemen organisasi baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasional.
  • Pasar dan manajemen pemasaran.
  • Akuntansi, pajak dan manajemen keuangan
  • Perkembangan dan manajemen sistem informasi, serta dampaknya terhadap aktivitas-aktivitas pemasaran.

Keterampilan Kognitif dalam:

  • Mendefinisikan terminologi-terminologi organisasi dan manajemen
  • Mengaplikasikan prinsip, konsep, teori dan metode manajemen dalam organisasi sesuai bidang kajian pemasaran.

Keterampilan Praktis dalam:

  • Mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mengekstrapolasi data dan informasi pemasaran.
  • Menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan menggunakan pendekatan kualitatif atau kuantitatif.
  • Menyusun rencana bisnis (business plan).
  • Menggunakan teknologi komunikasi dan informasi bagi aplikasi di bidang pemasaran
  • Berkomunikasi secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.
  • Melakukan negosiasi dan persuasi secara efektif.

Keterampilan pengembangan diri sendiri dalam bentuk

  • Mampu melakukan manajemen pribadi berkaitan dengan: waktu, perilaku, motivasi serta inisiatif.
  • Memiliki minat untuk selalu belajar.
  • Memiliki sikap peduli, terbuka dan peka terhadap keragaman individu, budaya, stakeholder serta isu-isu bisnis dan manajemen.
  • Mampu membangun hubungan dan kerja sama dalam kelompok.
  • Mampu membentuk dan memimpin kelompok
  • Memiliki keberanian dalam mengambil risiko.
  • Menunjukkan kegigihan dalam melakukan pekerjaannya
  • Memiliki rasa percaya diri yang tinggi.
  • Memiliki kreativitas dan inovasi
  • Mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan lingkungan bisnis.

3 komentar: